BAB 7
PENGEMBANGAN SISTEM : SUATU SURVEI
1. Siklus Hidup
Pengembangan Sistem
Siklus
hidup pengembangan sistem adalah pendekatan melalui beberapa tahap untuk
menganalisis dan merancang sistem yang dimana sistem tersebut telah
dikembangkan dengan sangat baik melalui penggunaan siklus kegiatan penganalisis
dan pemakai secara spesifik, siklus itu antara lain :
·
Mengidentifikasikan masalah, peluang dan
tujuan.· Menentukan sarat-sarat informasi.
· Menganalisis kebutuhan system.
· Merancang sistem yang direkomendasikan.
· Mengembangkan dan medokumentasikan perangkat lunak.
· Menguji dan mempertahankan sistem.
· Mengimplementasikan dan mengevaluasikan sistem
Dalam mengimplementasikan suatu pengembangan sistem sangat diperitungkan akan ada sebab, masalah, visi/tujuan, serta pluang-peluang yang akan terjadi.Maka angat sangat pentingnya menentukan informasi yang mengalir, menganalisanya, merancang, memuat, serta mendokumentasikannya.sehingga setelah tahap-tahap sebelumnya terlaksana, kita dapat melakukan pengujian, membandingkan dan menentukan ketahanan akan sistem tersebut. Kemudian mengimplementasikanya, dan lakukan tahap terakhir yaitu dengan mmengevaluasi sistem tersebut.
2. Standar-standar dokumentasi
1.
Dokumentasi Organisasi
- Bagan organisasi- Bagan perkiraan
- Anggaran belanja departemen
2.
Dokumentasi Pemrosesan
- Bagan aliran- Contoh bentuk
- Contoh laporan
3.
Dokumentasi Individual
- Deskripsi pekerjaan- Pedoman prosedur
- Standar prestasi
- Instruksi pengoperasian computer
3. Teknologi dan Praktek Pengembangan Sistem
Analisa
Sistem Terstruktur dan Rancangan : Teknik analisis terstruktur lebih
mengandalkan pada penggunaan diagram aliran data daripada bagan aliran. Teknik
perencanaan terstruktur mengembangkan program komputer sebagai hirarki modul
atas bawah. Alat CASE -CASE adalah alat keahlian teknik perangkat lunak yang
dibantu dengan komputer, yang mengotomatisasi banyak proses yang diperlukan
selama pengembangan sistem.
Para akuntan perlu mengetahui tentang proses ini karena dua alasan :
· Mereka berpartisipasi dalam tim proyek yang mendesain sistem akuntansi.
· Para auditor memeriksa dan memberikan saran bagi sistem baru sebelum sistem itu dilaksanakan.